Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Jumat, 18 Februari 2011

Tips Menghafal Nama-nama Mikroorganisme dan Fungsinya

Hey Friends!! Salam Blogger!

Hari ini penuh dengan pelajaran eksak di sekolah. Dimana dalam 6 mata pelajaran karena hari ini hari jumat, dua jam pertama diisi oleh Fisika, dua jam kedua diisi oleh Matematika, setelah diselingi istirahat 15 menit kemudian ditutup dengan dua jam terakhir yakni Biologi.

Dan di postingan kali ini aku mau kasih "Tips" ni buat teman-teman, yaitu cara menghafal nama-nama mikroorganisme beserta fungsi. Ini berguna ketika teman-teman masuk ke pelajaran Biologi kelas X SMA disaat memasuki BAB "Mikroorganisme" ataupun saat kelas XII atau beken disebut kelas 3 SMA saat memasuki BAB "Bioteknologi". Tips ini saya dapatkan dari guru biologi saya beliau Dra. Sri Sudartati, dan dengan sangat senang hati akan saya bagikan ke teman-teman semua.

Cara ini cukup simple tapi sangat efektif. Saya memberi nama "Kartu Mikroorganisme" karena memang tidak jauh seperti main kartu. Ikuti langkah-langkahnya :)

  1. Siapkan selembar kertas HVS kemudian potong menjadi delapan bagian yang sama besar sehingga membentuk potongan-potongan kartu.
  2. Ambil empat potongan kartu tersebut kemudian tuliskan nama satu mikroorganisme tiap satu kartu. misal "Saccharomyces serevicae".
  3. Empat bagian yang tersisa tulis masing-masing fungsi dari keempat mikroorganisme yang sudah kalian tulis tadi. Ingat, satu kartu hanya untuk satu fungsi mikroorganisme. Misal karena tadi sudah menulis Saccharomyces serevicae jadi pada kartu satunya kalian tulis "Tape/Pakan Ternak" karena fungsi Saccharomyces serevicae untuk pembuatan Tape dan Pakan ternak.
  4. Sekarang kalian sudah punya empat pasang kartu antara mikroorganisme dan fungsinya. Kemudian kalian bisa mulai menghafalkan dengan cara bermain kwartet ataupun saling tanya dengan teman. Damn akhirnya secara otomatis semua akan kalian simpan dalam ingatan.
  5. Lakukan secara terus menerus dan usahakan kalian target setiap satu minggu ada tambahan empat pasang lagi kartu baru dengan nama mikroorganisme yang baru. So, kalau satu minggu kalian bisa menghafal empat nama mikroorganisme dan fungsinya, maka dalam satu bulan kalian bisa menghafal 28 nama mikroorganisme beserta fungsinya. Hebat bukan?
Demikianlah Tips yang bisa saya bagikan ke teman-teman, semoga aja bisa berguna buat teman-teman semua. Apalagi yang akan menghadapi UN, diperlukan persiapan yang matang. So, apa salahnya untuk mencoba! :)

Untuk lebih detail bisa ditanyakan lewat comment, dan pastinya berguna bagi kita semua.
Thanks,, :)

4 komentar:

Cak Agus mengatakan...

Wahahhaa.. Dulu sy jurusan IPA, paling ngak nahan kalo pelajaran biologi.

Lebih seneng ngapalin unsur2 Kimia, hehe...

arfiantsite mengatakan...

Hehehe,,
Unsur2 kimia emang nyenengin,
tapi kalo biologi bkin pusing,,
makanya harus diakalin biar ttep menguasai.. :D

Unknown mengatakan...

👍

Unknown mengatakan...

terima kasih tipsnya😊

Posting Komentar

gimana menurut kalian? jangan segan-segan menulis komentar kalian di sini.. :)