Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Rabu, 16 Februari 2011

Ujian Nasional? Siapa Takut!!!!!

Hey Friends!! Salam Blogger!

Buat teman-teman kelas XII atau kelas 3 SMA maupun yang SMP, bentar lagi UN atau yang sering disebut Ujian Nasional akan datang, dan siap tak siap, mau tak mau, bisa tak bisa, kita harus menghadapinya.

Mungkin banyak dari kita yang merasa tidak siap, entah dari sisi psikologis, maupun sisi materi. Sebagai contoh ni dari sisi psikologis, ada segelintir siswa yang menjadi stress berat karena takut akan hadirnya Ujian Nasional. Dari sisi materi, banyak siswa yang merasa belum siap dalam menghadapi UN karena alasan belum benar-benar menguasai materi.


Nah dari dua contoh di atas bisa disimpulkan Ujian Nasional bisa diibaratkan seperti momok dalam benak kebanyakan dari kita. Seperti "Freddy Krueger" yang siap menghancurkan mimpi-mimpi indah kita.

Namun sekarang kita bisa sedikit bernafas lega. Peraturan baru dari Kementrian Pendidikan bisa dibilang membuat banyak calon peserta UN lebih tenang. Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahuinya, tapi saya akan mencoba sedikit memaparkannya secara singkat untuk kalian.


Mengacu pada "Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI no. 46 th. 2010" tentang Pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2010/2011, ada beberapa inti yang bisa menenangkan hati sebagian besar calon peserta UN 2011. yakni syarat kelulusan bukan hanya mengacu pada hasil Ujian Nasional, tetapi juga mengacu pada nilai sekolah dengan perbandingan hasil UN 60% dan NS (Nilai Sekolah) 40%.
NS atau Nilai Sekolah merupakan gabungan dari rata-rata nilai raport pada semester 3, 4, dan 5 dan nilai Ujian Sekolah maupun Ujian Praktek. Kemudian ketiga nilai tersebut dirata-rata untuk mendapatkan NS atau Nilai Sekolah.

Selanjutnya 40% dari NS dan 60% dari UN digabungkan kemudian dirata-rata untuk mendapatkan NA atau Nilai Akhir. Nilai Akhir inilah yang menentukan lulus atau tidaknya kita. Dengan syarat NA min 4,00 tiap mapel UN dan rata-rata minimal NA dari semua mapel UN 5,50. salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no.46 th.2010 bisa didownload disini

Dari peraturan baru di atas bisa dibilang kita bisa sedikit bernafas lega. Why? Karena kita sudah punya modal yakni nilai raport kita. Bayangkan, dengan rata-rata nilai raport 8,50 kita bisa lulus walaupun nilai UN kita hanya 1,5.

Tapi tentunya target kita bukan hanya lulus kan? Tentunya kita ingin yang "lebih dari lulus".
Oleh karena itu tetap semangat dalam menghadapi Ujian Nasional. UN bukanlah momok yang menakutkan bagi kita kalau kita benar-benar semangat dalam menghadapinya.Selalu berlatih mengerjakan soal-soal bisa dibilang cara yang ampuh untuk mempersiapkan diri kita.

So, masih takut akan hadirnya Ujian Nasional? Tentunya dengan semangat kita harus berkata "TIDAK" :)

Semoga posting ini menambah motivasi untuk teman-teman dalam mempersiapkan diri untuk UN.

Keep Up Your Spirit Friends!! I Believe We Can Do It!!! :)

0 komentar:

Posting Komentar

gimana menurut kalian? jangan segan-segan menulis komentar kalian di sini.. :)