Subscribe:

Ads 468x60px

Pages

Sabtu, 14 Mei 2011

Jadi Reseller? Menguntungkan lho..

Hey Friends!! What a rainy Satnight..

Udah lama nih tidak membahas topik Bisnis Muda. Dan dalam posting kali ini, aku ingin berbagi ke kawan-kawan tentang salah satu bisnis yang bisa di lakukan oleh remaja atau pemuda yang ingin menambah uang jajan atau ingin meringankan beban orang tua dengan mencari penghasilan sendiri, tapi tidak menggaunggu aktifitas belajar, yakni menjadi seorang reseller

Sekarang, apa sih yang dinamakan dengan bisnis reseller itu? Bisnis reseller adalah bisnis dimana kita memperdagangkan barang yang telah kita beli sebelumnya dari produsen atau agen-agen. Tentu berbagai macam barang dari segala macam T-shirt, jersey, denim, asesoris, handphone, dan lain sebagainya. Namun, untuk kita para remaja atau pemuda yang masih sebagai pelajar maupun mahasiswa, pilihlah barang yang sesuai dengan sasaran penjualan kita yang tentunya juga pare pelajar dan mahasiswa seperti T-Shirt, Sepatu, Asesoris, dan lain-lain.

Lalu sebagai pelajar atau mahasiswa, apakah susah menjadi seorang reseller? Saya berani menjawab "TIDAK". Tentu saja saya punya alasan. Karena untuk menjadi seorang reseller, tidak akan mengganggu aktifitas wajib kita yakni sekolah atau kuliah. Malah sebaliknya, kegiatan sekolah dan kuliah dapat kita gunakan sebagai kesempatan juga untuk berdagang. Hal ini juga dilakukan oleh teman saya yang bernama Ermi Cahya dan Listiana Putri. Kedua siswi kelas XII IPA 2 di SMA N 2 Klaten ini menjalani bisnis reseller ketika mereka berada di sekolah. Ermi biasa menjajakan dagangannya yang berupa jam tangan lucu dan unik, sedangkan Listiana dengan dagangannya yang berupa asesoris dan pakaian dari merk ternama. Dan mereka enjoy dalam menjalani bisnis yang mereka lakukan sebagai reseller. Dan dengan menjajakan dagangan di sekolah, mereka mendapat banyak order yang berarti banyak juga income yang mereka dapatkan.

Apakah perlu modal besar dalam menjalani bisnis reseller? Tidak juga. Malah menguntungkan buat kita. Itu semua tergantung dari bisnis apa yang kita bangun. Dan kalau kita bisa membuat strategi yang pas, maka modal itu tak akan besar. Seperti yang dilakukan oleh Ermi. Dia membeli jam tangan yang unik di sebuah toko grossir yang rata-rata seharga Rp 50.000 / buah. Dan dia membeli 4 buah jam tangan yang berarti total belanja dia Rp 200.000. Kemudian saat di sekolah atau saat kumpul dengan teman-temannya yang mayoritas adalah cewek, dia menawarkan barang dagangannya tersebut seharga Rp 75.000 / buah. Tak butuh waktu lama untuknya menghabiskan stock barang yang ada. dan akhirnya semua terjual. Dengan begitu dia mendapat uang sebesar Rp 300.000. Dan dia mendapat untung Rp 100.000, cukup untuk jajan dalam beberapa hari kan? Tanpa meminta kepada orang tua kita.

Sekarang kiat-kiat khusus untuk menjadi seorang reseller muda yang sukses ada dua. Yang pertama, jalinlah relasi yang baik antara kaliam dengan para produsen produk ataupun agen. Karena dengan begitu, besar kemungkinan barang hasil produksi mereka bisa kalian dapatkan dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Dan yang kedua adalah, latih kemampuan kalian untuk berbicara kepada client atau pelanggan kalian. Karena kunci sukses seorang pedagang adalah mampu menjalin komunikasi yang baik, ramah, dan sopan. Dengan begitu mereka akan tertarik untuk melihat bahkan membeli barang yang kalian dagangkan.

Nah, itulah yang bisa saya ulas bersama kalian tentang bisnis sebagai reseller. Semoga dapat menjadi inspirasi buat kalian yang ingin sekali mempunyai penghasilan sendiri sehingga bisa menambah uang jajan atau bahkan menjadi biaya sekolah atau kuliah kalian sehingga kalian akan membuat orang tua kalian bangga. hehe.

So, tetap semangat untuk meraih cita-citamu!!
Chayyyyooo!!!!

3 komentar:

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

harus punya modal dong dek?

arfiantsite mengatakan...

tapi ga terlalu besar kak kalau kita pandai mensiasatinya..:)

Bagollum Jx mengatakan...

SEMANGGAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT !!,
:D

Posting Komentar

gimana menurut kalian? jangan segan-segan menulis komentar kalian di sini.. :)